Sabtu, 04 Februari 2012

nascar seri piala sprint

NASCAR Seri Piala Sprint

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
NASCAR Seri Piala Sprint
Sprint Cup logo.png
Kategori Stock car racing
Negara atau daerah  Amerika Serikat
Musim pertama 1949
Pembalap 49
Tim 22
Konstruktor Bendera Amerika Serikat Chevrolet
Bendera Amerika Serikat Dodge
Bendera Amerika Serikat Ford
Bendera Jepang Toyota
Pemasok mesin 4
Juara pembalap terakhir Bendera Amerika Serikat Tony Stewart
Juara tim terakhir Bendera Amerika Serikat Stewart-Haas Racing
Juara pabrikan terakhir Bendera Amerika Serikat Chevrolet
Situs web resmi NASCAR.com
Motorsport current event.svg Musim terkini
NASCAR Sprint Cup Series (sering disingkat menjadi Sprint Cup/Piala Sprint atau Seri Piala) adalah divisi utama dari seri balapan NASCAR. Seri ini awalnya dikenal sebagai Strictly Stock Series (1949) dan Grand National Series (1950-1970). Sedangkan dengan adanya hak penamaan untuk RJ Reynolds Tobacco Company yang datang menjadi sponsor, maka seri ini kemudian dikenal sebagai Seri Piala Winston (1971-2003). Ketika kesepakatan serupa dilakukan dengan Sprint Nextel Corporation, maka seri ini menjadi NEXTEL Cup Series (2004-2007).
Seri ini memiliki akar yang kuat di Amerika Serikat bagian tenggara dengan setengah dari 36 lomba yang digelar disana. Daytona 500, lomba yang paling bergengsi, memiliki penonton televisi di AS sekitar 16 juta pemirsa pada tahun 2009. Selain di AS balapan ini juga digelar di Kanada dan juga Jepang serta Australia
Mobil balap Sprint Cup Series merupakan salah satu yang paling unik dalam balap mobil. Mesin yang cukup kuat untuk mencapai kecepatan lebih dari 200 mph (320 km/h), tetapi berat mobil yang cukup berat menjadikannya tidak bisa segesit mobil Formula Satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar